Jumat, 15 Februari 2013

Resume kelas ajaib! Part 3

Hip hip horaiiiiii!!!
Ketemu lagi dengan saya, salah satu dari murid miss. Kalenail yang masih ingin berbagi mantra dan ajaran dari guru saya dalam hal menyihir. Swaaassshh bakaaboomm!

Masih penasaran kan ya sama ilmu-ilmu sihir selanjutnya?
Hari ini saya sudah mempresentasikan tentang Gadis penjual korek api, dan kurangnya saya adalah masih banyak mengeluarkan suara "eee...eemm..", masih banyak liat ke atas (karena saya mikir mau ngomong apa lagi, kurang siap sama kontennya), kurang senyum, intonasi masih seperti guru yang menceritakan dongeng pada anak kecil, but, opening dan closingnya sudah baik. Yah, namanya juga belajar pasti banyak salah-salahnya, pemula loh tapi bukan berarti saya patah semangat.

Dipertemuan ketiga ini, sedikit mereview tentang smiling voice yang dapat membantu kita menyampaikan pesan dengan baik. Pesan yang baik itu apa sih? Pesan yang baik itu adalah pesan yang dapat diterima oleh audience dengan jelas dari pemberi pesan, karena pesan itu bukan untuk diri sendiri tetapi harus bisa nyampe, sekali lagi, nyampe ke pendengarnya atau yang dikirimi pesan. Pesan yang baik sendiri adalah pesan yang sinkron atau sesuai dengan isi hati, sinkron juga dengan otak, dan sinkron dengan apa yang terucap dari mulut, so it isn't fake! Semua yang dari hati pasti bisa menyentuh hati.

Satu lagi pendukung smiling voice yaitu mimik muka ketika menceritakan bahkan merespon sebuah pesan yang disampaikan oleh orang lain. Ketika kita paham akan pesannya sedikit anggukan, kerutan di dahi, menaikkan alis, tersenyum, mengucapkan "ahaaa." merupakan sebagian dari respon yang bisa kita berikan ketika kita benar-benar mendengarkan pesan yang disampaikan atau menyampaikan pesan.

Huaah.. saya sudah kelihatan berilmu belum? Yah, jelas masih jauh dari miss. Kalenail yang menjadi mentor menyihir saya. Lanjut.. Lanjut.. Di pertemuan ini banyak sekali materi yang saya dapatkan karena pembahasan yang begitu dalam tentang menyihir. Seperti contohnya ilmu berat yang satu ini, mengenai hukum sihir atau hukum komunikasi.

1. Respect
Dari kata respect sendiri artinya adalah adanya rasa saling menghormati antar pembicara dan pendengar.

2. Empati
Empati adalah perasaan yang mendalam dan tidak hanya merasakan tapi merasakan lebih dalam atau turut menjadi bagian dalam perasaan yang dialami pendengar atau pembicara.

3. Audible
Dalam menyampaikan pesan, suara yang kita gunakan harus sesuai. Suara tidak terlalu besar atau terlalu kecil tetapi jelas dan ritme yang digunakan tepat.

4. Clarity
Kejelasan akan pesan, clear.

5. Humble
Jangan sampai ketika menyampaikan pesan anda terlihat sok pintar, sombong, atau sok bijak. (Segala yang berlebihan itu tidak baik.. Amieenn)

Nah, selain 5 hukum komunikasi diatas kita juga harus membangun theater of mind. Mantra yang satu ini adalah sebuah mantra untuk menghadapi audience kita. Sebelum kita menyihir atau menyampaikan pesan ada baiknya kita membayangkan situasi dan kondisi seperti apa yang akan kita hadapi, siapa yang akan kita ajak bicara, bagaimana responnya, kira-kira apa respon mereka mendengar opening atau closing dari kita. Dan hal ini adalah hal yang sangat simpel namun tidak semua dapat melakukannya dan bahkan terlupakan. Bangunlah teater anda.

Contohnya membangun teater pikiran kita adalah dengan menghubungkannya dengan mantra yang terbaru. wiiizzkaliiifaaa... eh salah.. wiizzzkaavaa...

Afirmasi. Apa sih afirmasi? Afirmasi adalah sebuah action dimana kita mengingat kembali keberhasilan kita ketika berada di stage atau panggung yang lain. Dan ini salah satu trick yang dapat mengurangi rasa gugup kita loh. Nah, coba bayangkan ketika kita menggabungkan mantra ini dengan mantra sebelumnya lalu tarik nafas panjang dan click! Kuasai panggungmu!

Kalau tiba-tiba sudah menggunakan kedua mantra itu dan kurang berhasil, bagaimana?? Tenang, you'll get another trick!
Teman-teman ketika kita masih bisa menggunakan tatapan mata. Tatap mata orang disekitarmu, siapa yang kamu kenal atau dapat membantumu mengurangi rasa gugupmu, tersenyumlah padanya. Selain itu pandanglah lingkunganmu lebih luas, ingat lebih luas. Lingkungan yang lebih luas dapat memberikan kita kosa kata baru yang dapat membantu kita menemukan lagi alur cerita atau konten yang akan kita sampaikan. Belum cukup? Tenang masih ada satu trik lagi, untuk menghilangkan gugup coba bicarakan saja apa yang kamu liat tadi dan sinkronkan menjadi sebuah kalimat, eiitss.. hati-hati kebelibet ya lidahnya.

Hari ini ada sesuatu yang baru dari miss. Kalenail, bukan sesuatu yang berwujud atau mantra. Tapi dia membawa sebuah permainan yang bernama two minute speeching. Jadi dalam waktu 2 menit kami harus melanjutkan topik yang sudah dia bicarakan sebelumnya untuk melatih spontanitas kami dalam menguasai sebuah konten dari sisi yang berbeda dari yang sudah dijabarkan sebelumnya. It makes our heart beat fast! hurry hurry hurry..

Sebelum mempersiapkan masuk ke part 4 yang luar biasa dan membuat semakin dahsyat ini kelas, tiba-tiba saja presentasi dadakan disiapkan dengan tema sepatu, cangkir, dan mandi. Tentu saja saya memilih cangkir dan menjelaskan bagaimana filosofi pembuatan cangkir dapat menjadi inspirasi untuk saya. Selanjutnya, jangan pikir tidak ada PR, ini dia tema-temanya: mantan, sakit gigi, dan Ariel 'Noah'. Mau tau saya memilih yang mana? hmm... Tunggu saja! *siapkan mantra dan ramuan sihir selanjutnya*


Semua yang dari hati pasti bisa menyentuh hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar